Berita Terbaru :
Probolinggo - Antisipasi Aksi Premanisme, 9 Anjal dan Pak Ogah Diamankan
Surabaya - Antisipasi Penyebaran Covid-19 Dilingkungan Perusahaan
Surabaya - Ditreskrimsus Polda Jatim Ungkap Tindak Pidana Perikanan
Sidoarjo -  Penyandang Disabilitas Akan Diprioritaskan Program Vaksinasi
Surabaya -  Pembelajaran Tatap Muka Tetap 5 Juli 2021 Mendatang
Surabaya -  Alhamdulillah 2 Ribu Peserta SBMPTN Diterima di Unair
Sidoarjo -  Menteri P3A Pastikan Santri Korban Sodomi Guru Ngaji Dapat Pendampingan
   

Hukum   10 Juni 2021 | 12:34 wib
Pengamat Hukum, Perlunya Komite Khusus Untuk Verifikasi Sumpah Advokat
 Surabaya   Sumpah advokat yang selama ini dilaksanakan di pengadilan tinggi dinilai seorang doktor hukum dalam ujian terbuka doktoral tidak sesuai dengan prinsip kemandirian organisasi advokat. Pasalnya selama ini pelaksanaan pendidikan, pengawasan hingga pemberhentian telah dilakukan lembaga advokat bukan oleh pengadilan tinggi.

Menurut Eri Meta doktor hukum yang melakukan kajian dalam ujian terbuka doktor hukum di Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya,  agar sumpah advokat tidak lagi dilakukan di pengadilan tinggi namun harus di organisasi advokat.

Pasalnya selama ini sesuai dengan undang undang advokat, organisasi advokat yang telah diberikan SK oleh Menkumham telah melakukan fungsi pendidikan , mengadakan ujian, hingga pengawasan termasuk memberhentikan advokat. Sehingga akan lebih baik jika pengambilan sumpah juga dilakukan oleh lembaga yang dapat memberhentikan advokat.

Dalam kajiannya Eri Meta , membandingkan dengan Rusia yang telah memiliki komite khusus untuk memverifikasi pelaksanaan sumpah . Sehingga kemandirian organisasi advokat dapat terwujud dengan sempurna.

Sementara itu sebagai Ko Promotor Hufron menjelaskan, jika disertasi yang disusun oleh Erry Meta ini sangat menarik , karena dalam undang undang advokat ada 8 kewenangan organisasi advokat. Mulai dari pendidikan , ujian , pengangkatan , membuat kode etik , melakukan pengawasan , termasuk memberhentikan advokat . Namun saat pengambilan sumpah dilakukan di pengadilan tinggi . Dalam desertasi yang disusun Erry, membuat studi perbandingan seperti Rusia yang ada komite khusus dari organisasi advokat untuk melakukan sumpah advokat .

Meski begitu tantangannya saat ini  dengan banyaknya organisasi advokat yang bermunculan juga harus dilakuan filter dengan membentuk  konfederasi organisasi , yang mampu melakukan pengawasan, pemberhentian hingga pengambilan sumpah.



Reporter : Irwanda ikadisa
Redaktur : pulung




 Baca Juga 

Pengamat Hukum, Perlunya Komite Khusus Untuk Verifikasi Sumpah Advokat
Hukum
Pemerintah Payungi Hukum Perusahaan Bongkar Muat
Ekonomi
Terpopuler
Menteri P3A Pastikan Santri Korban Sodomi Guru Ngaji Dapat Pendampingan
Politik 4 jam

Pembelajaran Tatap Muka Tetap 5 Juli 2021 Mendatang
Pendidikan 4 jam

Antisipasi Aksi Premanisme, 9 Anjal dan Pak Ogah Diamankan
Peristiwa 3 jam




2021 © www.amtv.co.id
Tentang Kami
Disclaimer
Pedoman Media Siber
Ketentuan & Kebijakan Privasi
Iklan