Berita Terbaru :
Probolinggo - Antisipasi Aksi Premanisme, 9 Anjal dan Pak Ogah Diamankan
Surabaya - Antisipasi Penyebaran Covid-19 Dilingkungan Perusahaan
Surabaya - Ditreskrimsus Polda Jatim Ungkap Tindak Pidana Perikanan
Sidoarjo -  Penyandang Disabilitas Akan Diprioritaskan Program Vaksinasi
Surabaya -  Pembelajaran Tatap Muka Tetap 5 Juli 2021 Mendatang
Surabaya -  Alhamdulillah 2 Ribu Peserta SBMPTN Diterima di Unair
Sidoarjo -  Menteri P3A Pastikan Santri Korban Sodomi Guru Ngaji Dapat Pendampingan
   

Rehat   02 Juni 2021 | 16:43 wib
Tiga Agama Hidup Rukun Dalam 1 Desa Balun Lamongan
Salah satu desa di Kabupaten Lamongan, benar - benar memiliki keragaman antar umat beragama cukup tinggi. Namanya Desa Balun. Dimana di desa tersebut ada tiga agama yang hidup rukun antar umat beragama, saling menghormati. Foto Zulkifli
 Lamongan  Mungkin sebutan Desa Pancasila bagi Desa Balun, Kecamatan Turi, Lamongan, sudah bisa dikatakan tepat dan pas. Hal ini dikarenakan warga Desa Balun ini begitu menjunjung tinggi nilai dari 5 sila dalam Pancasila. Hal ini terlihat bagaimana kerukunan antar umat beragama di Desa Balun tersebut bisa tercipta hubungan, yang begitu harmonis antar umat beragama.

Perbedaaan agama yang ada di desa tersebut, tidaklah menjadikan permasalahan yang begitu besar. Bahkan dengan adanya perbedaan agama ini, membuat kerukunan antar umat beragama di desa Pancasila atau Desa Balun ini terbangun dengan begitu harmonis.

Salah satu contoh dan bukti kerukunan antar umat beragama di Desa Balun ini, berdirinya pura tempat ibadah umat Hindu, masjid dan gereja, terbangun megah dan berjejer atau berdampingan tanpa ada masalah. Menurut Ngarijo, tokoh umat Hindu, dirinya merasa kagum dan senang dengan warga Desa Balun, yang mana tiga agama bisa hidup rukun, dan saling menghormati satu dengan yang lainnya.

Begitu juga dengan Heri Suparno, tokoh agama Kristen Desa Balun, juga sangat mengapresiasi kerukunan antar umat beragama di Desa Balun ini. Benar-benar menjunjung tinggi Pancasila dan mempraktekkanya.

Kerukunan antar umat beragam di desa balun ini, membuat banyak pihak akhirnya memberi nama Desa Balun sebagai desa Pancasila. Dengan julukan ini, tak jarang beberapa mahasiswa dari berbagai macam universitas di Indonesia melakukan studi banding untuk melihat sampai sejauh mana kerukunan antar umat beragama, dan apa kiatnya sampai bisa tiga agama bisa hidup rukun.

Di Desa Balun sendiri, total jumlah penduduknya ada 4.746 jiwa. Umat islam 2.323 jiwa, kristen 698 jiwa, dan hindu 154 jiwa. Semuanya bisa hidup rukun, dan tanpa adanya minoritas dan mayoritas, semua adalah bangsa Indonesia.
Reporter : Zulkifli
Redaktur : pulung




 Baca Juga 

Tiga Agama Hidup Rukun Dalam 1 Desa Balun Lamongan
Rehat
Habaib dan Tokoh Agama Istighosah dan Doakan Kru KRI Nanggala 402
Peristiwa
Doa Bersama Tokoh Lintas Agama Surabaya
Peristiwa
Siswa Madrasah Pelosok Juarai Kontes Robot Kementerian Agama
Pendidikan
Terpopuler
Menteri P3A Pastikan Santri Korban Sodomi Guru Ngaji Dapat Pendampingan
Politik 4 jam

Pembelajaran Tatap Muka Tetap 5 Juli 2021 Mendatang
Pendidikan 3 jam

Antisipasi Aksi Premanisme, 9 Anjal dan Pak Ogah Diamankan
Peristiwa 3 jam




2021 © www.amtv.co.id
Tentang Kami
Disclaimer
Pedoman Media Siber
Ketentuan & Kebijakan Privasi
Iklan