Berita Terbaru :
Probolinggo - Antisipasi Aksi Premanisme, 9 Anjal dan Pak Ogah Diamankan
Surabaya -  Antisipasi Penyebaran Covid-19 Dilingkungan Perusahaan
Surabaya -  Ditreskrimsus Polda Jatim Ungkap Tindak Pidana Perikanan
Sidoarjo -  Penyandang Disabilitas Akan Diprioritaskan Program Vaksinasi
Surabaya -  Pembelajaran Tatap Muka Tetap 5 Juli 2021 Mendatang
Surabaya -  Alhamdulillah 2 Ribu Peserta SBMPTN Diterima di Unair
Sidoarjo -  Menteri P3A Pastikan Santri Korban Sodomi Guru Ngaji Dapat Pendampingan
   

Ekonomi   26 Mei 2021 | 16:15 wib
Dirjen PKH Siap Fasilitas Ekspor Sarang Walet Gresik ke China
 Gresik  Kementrian Pertanian (Kementan) melalui Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) akan memfasilitasi para peternak burung walet Gresik untuk ekspor ke China. Karena ternyata potensinya cukup besar dan berkualitas.

Hal itu disampaikan Dirjen PKH, Nasrullah saat mengunjungi sarang burung walet di Desa Golokan, Kecamatan Sidayu, gresik. Dalam kunjungannya, Nasrullah ingin mendengar dan melihat secara langsung dari peternak burung walet di Gresik. Dan ketika melakukan kunjungan, Dirjen PKH didampingi Kepala Badan Karantina Pertanian, Bambang, dinas terkait dan asosiasi peternak dan pedagang Sarang Burung Walet Indonesia (SWI).

Dalam mengunjungi para pertenak walet kelas UMKM tersebut, seperti dikatakan Nasrullah, rumah prosesing yang mewadahi UMKM, dan ketua asosiasi memberikan gambaran potensi sangat besar, saat ini sarang burung walet baru masuk Kementrian Pertaniaan atau Kementan. Segala kendala yang ditemui ini menjadi pekeraan rumah, tujuannya agar sarang burung walet dapat menembus pasar internasional.

Pihak Ditjen PKH akan merencanakan dan mengembangkan secara masif, dan membutuhkan blue print terkait sarang burung walet ini. “Seperti proses  pencucian sebelum produksi. Karena tidak butuh banyak  alat stainless, mereka bisa berkelompok, pencucian terus masuk produksi,” kata Dirjen PKH, Nasrullah.

Sementara, Ketua DPP APPSWI, Wahyudi Husein menyebut, “Kendala bagi para pelaku UMKM sarang burung walet selama ini adalah import protokol. Selama ini ekspor sebanyak 260 ton daerah ke China sisanya ke non China 1200 ton. Kenapa yang banyak UMKM tidak diberi kemudahan yang sama seperti hambatan protokol import,” katanya.

Masih menurut  Wahyudi, pabrik miliknya layak untuk bisa ekspor ke China secara langsung. Pihaknya telah mengakomodir berbagai persyaratan seperti, NKV dan lain sebagainya.  China sendiri menjadi target ekspor karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi ketimbang negara lain. Dan manfaat sarang burung walet dapat dimanfaatkan sebagai kosmetik, obat-obatan.
Reporter : Dwi Prasetyo
Redaktur : pulung




 Baca Juga 

Dirjen PKH Siap Fasilitas Ekspor Sarang Walet Gresik ke China
Ekonomi
Mentan Minta Produsen Sarang Burung Walet Surabaya Tingkatkan Ekspor
Ekonomi
Terpopuler
Menteri P3A Pastikan Santri Korban Sodomi Guru Ngaji Dapat Pendampingan
Politik 3 jam

Antisipasi Aksi Premanisme, 9 Anjal dan Pak Ogah Diamankan
Peristiwa 2 jam




2021 © www.amtv.co.id
Tentang Kami
Disclaimer
Pedoman Media Siber
Ketentuan & Kebijakan Privasi
Iklan